Kumpulan Rumus Tenses Lengkap Beserta Contohnya

Kumpulan Rumus Tenses Lengkap Beserta Contohnya
Tenses merupakan bentuk waktu yang sangat penting untuk memperdalam bahasa inggris. Karena membantu kita dalam menggunakan kalimat dengan baik terutama dalam pemakaian kata kerjanya. Di dalam aturan bahasa inggris kata kerjanya memiliki tiga bentuk dan masing - masing bentuk disesuaikan dengan penggunaannya. Karena di dalam bahasa inggris bentuk waktu digunakan untuk menyatakan 3 kejadian. Kejadian itu antara lain :

  • Kejadian masa lampau
  • Kejadian sekarang
  • Kejadian masa yang akan datang

Pada dasarnya, kata kerja yang dipakai pada saat menyatakan kejadian masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang adalah tidak sama. Oleh karena itu pengertian mengenai tenses sangat penting untuk dipahami. Dalam bahasa inggris tenses ini dikenal dengan sebutan "16 bentuk waktu". Di bawah ini adalah 16 bentuk waktu tersebut.
1. Present Tense
  • Simple Present
  • Present Continuous
  • Present Perfect
  • Present Perfect Continuous
2. Pas Tense
  • Simple Past Tense
  • Past Continuous Tense
  • Past Perfect Tense
  • Past Perfect Continuous Tense
3. Future Tense
  • Simple Future Tense
  • Future Continuous Tense
  • Future Perfect Tense
  • Future Perfect Continuous Tense
4. Past Future Tense
  • Past Future Tense
  • Past Continuous Tense
  • Past Perfect Tense
  • Past Future Continuous Tense
Dan di dalam bahasa inggris, kita juga menemukan dua macam kalimat yaitu :

1. Kalimat Nominal, yaitu kalimat yang predikatnya bukan merupakan kata kerja. Contoh : My Husband is a businessman (noun), They are Sad (adjective), i am here (place), It is six o'clock (time).

2. Kalimat Verbal, yaitu kalimat yang predikatnya terdiri dari kata kerja. Dan kalimat verbal digolongkan menjadi dua macam, yaitu : Kalimat transitif yaitu kalimat yang kata kerjanya terdiri dari kata kerja transitif dan memerlukan objek. Contohnya : I am reading a book, Andi draws a mountain. Kalimat intransitif yaitu kalimat yang predikatnya berbentuk kata kerja intransitif dan tidak mempunyai objek. Contoh : I am write, She is sleep.

Present Tense ( Simple Present ) (Waktu Sekarang)

a.Present Tense of to be (Waktu sekarang dari kata kerja to be) : Waktu sekarang kata kerja to be, yaitu kalimat yang terbentuk dari kata sifat (adjective), kata benda (noun), dan lain - lain. Sedangkan macam - macam to be antara lain : am, is, are (artinya : ada, adalah berada) selalu dipakai dalam kalimat ini. Kata kerja to be mempunyai bentuk - bentuk yang berikut dalam bahasa inggris waktu sekarang.
Rumus : Subject + To Be + Predicate
I am, You are : untuk orang pertama tunggal
She is, He is : Untuk orang ketiga tunggal
You are, We are, They are : untuk orang kedua jamak
Contoh : They are students, She is a doctor

b. Bentuk menyangkal (negative) dari waktu sekarang kata kerja to be diperoleh secara teratur dengan meletakkan kata not (bukan,tidak) di belakang kata kerja bantu.
Contoh : She is not a doctor, They are not a students.

c. Bentuk menanya (interrogative) juga diperoleh secara teratur dengan meletakkan kata kerja bantu itu di depan pokok kalimatnya.
Contoh : Is he a doctor ?, Are they students?

Present Tense Of Verb (Waktu sekarang dari kata kerja)

a. Bentuk waktu sekarang yang dipakai untuk menerapkan suatu perbuatan yang terjadi setiap hari atau pada umumnya.
Contoh : I study hard everyday, she studies english tonight

b. Bentuk menyangkal dari kata kerja (negative) diperoleh dengan pemakaian kata kerja bantu do dan does. Do dipakai untuk subject : i, you, we, they sedangkan does dipakai untuk subject : he,she,it. Kemudian not diletakkan di belakang kata bantu itu.
Contoh : I do not study hard everyday, She does not study english tonight.

c. Bentuk menanya (interrogative) juga diperoleh dengan pemakaian do atau does. Kata kerja bantu itu diletakkan di depan pokok kalimatnya.
Contoh : Do i study hard everyday ?, does she study english tonight ?

d. Bentuk bertanya menyangkal (negative interrogative) diperoleh dengan dua cara, yaitu :

1. Bilamana kata kerja dan not tidak disingkat maka kata kerja bantunya di depan pokok kalimat dan not di belakang.

2. Bilamana kata kerja bantu dan not disingkat menjadi don't atau doesn't, langsung diletakkan di depan kalimat. Contoh : She studies english tonight, Does she study english tonight?, Doesn't she study english tonight?

Present Continuous Tense (Waktu sekarang sedang)

1. Present Continuous Tense of to be (waktu sekarang sedang dari kata kerja to be)
2. Present Continuous tense of verb (waktu sekarang sedang dari kata kerja )

1. Present Continuous Tense Of To Be

a. Bentuk sedang berlangsung dari kata kerja to be diperoleh dengan pemakaian to be dan kata kerja bentuk pertama ditambah ing, yang dalam kalimat ini asalnya sudah memakai to be, maka to be yang dipakai dalam kalimat tersebut adalah to be continuous tense / to be dari continuousnya. Kemudian to be asal tersebut dibentuk be dan ditambah ing. Dalam kalimat continuous tersebut menjelaskan tentang suatu perbuatan yang sedang terjadi pada saat sekarang.
Rumus : Subject + To Be +Be + Ing+Object
Contoh : Dani is being busy now, He is being in the office now

b. Bentuk menyangkal / menyanggah dari kalimat sedang berlangsung (continuous) diperoleh secara teratur, dengan meletakkan not di belakang kata kerja bantu. Dan untuk bertanya / menanya juga diperoleh secara teratur dengan meletakkan kata kerja bantu di depan pokok kalimat.
Contoh (-) Dani is not being busy, (?)Is dani being busy now?

Present Continuous Tense Of verb 

a. Bentuk sedang berlangsung dari waktu sekarang dari kata kerja - kata kerja yang dibentuk sebagai berikut : kepada kata kerja to be, yang dipakai sebagai kata kerja bantu, ditambahkan partisip sekarang atau bentuk ing dari kata kerja utama.
Rumus : Subject + To Be + Predicate/Kata kerja + ING+ Object

b. Waktu sekarang sedang berlangsung, sebagai pemakaian khusus. Sering kita memakai kata sedang berlangsung sekarang dalam bahasa inggris pada waktu ini sebagai pengganti dari waktu akan datang. Dalam hal demikian, suatu keterangan waktu yang menunjukkan akan, seperti : tomorrow, next week, next month, dan lain - lain. Kata - kata tersebut biasanya menyertai kata kerja dan bertindak untuk menunjukkan saat yang tepat dari waktu yang akan datang. Contoh : Ari is leaving for New York next week.

c. Dengan ini kata yang dapat dipakai untuk menunjukkan akan tidak hanyan ini kata yang dapat dipakai untuk menunjukkan akan tidak hanya to be going to saja, tetapi ada kata lain yang dapat dipakai dan juga tidak seluruh kata kerja yang dapat dipakai dan juga tidak dapat dipakai untuk kalimat sedang yang mempunyai arti akan, kata - kata yang dapat digunakan antara lain : go,come, leave,arrive,sail,fly. 

Present Perfect Tense

Macam penggunaan present perfect tense antara lain :
1.Dipergunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang terjadi pada waktu lampau dan masih ada hubungannya dengan saat sekarang.
Rumus : Subject + Have, Has+ V. III (Been)+....
Pattern A :
  • I,you, they, we + Have + been
  • He,She,It + Has + Been
Pattern B :
  • I, You, They, We + Have + V. III.
  • He,She,It + Has+ V. III 
2. Dipergunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa atau sesuatu yang telah terjadi.
3. Dipergunakan untuk menunjukkan suatu perbuatan ulangan pada waktu yang tidak tertentu. Dalam hal ini sering memakai kata - kata seperti before,already, ever, never, yet.
4. Dipergunakan untuk mengajukan suatu perbuatan atau kejadian yang selesaipada waktu yang sangat singkat. Untuk itu sering dipakai kata - kata yaitu : at last, finall, just, recently.

3. Present Perfect 

Waktu sempurna sekarang 
Yaitu merupakan bentuk yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang telah terjadi sebelum kejadian lain. Namun kejadian itu masih ada hubungannya dengan waktu sekarang.
Contoh : Mr. Aldi and Mr. Rafi have been at offive already.

4. Present Perfect Continuous

Waktu sempurna sekarang
Yaitu merupakan bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang terjadi pada masa  lampau, dan kejadian itu berlangsung terus sampai sekarang atau mungkin masih dilanjutkan pada waktu mendatang.
Contoh : She has been at school for two hours. 

Present Perfect Continuous Tense

Dipergunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang terjadi pada waktu lampau dan masih terus berlangsung hingga waktu dengan saat sekarang.
Rumus : Subject + Have, Has + V. I (ING) + .....
Pattern 
I,you,they,we + have + been+ V.I (ING)

1. Past Tense  

Waktu Lampau
  1. Past Tense of to be (Waktu lampau kata kerja tobe )
  2. Past Tense of regular verbs ( Waktu lampau dari kata kerja teratur )
  3. Past Tense of irregular verbs ( Waktu lampau dari kata kerja tak teratur )
Rumus : Subject + To Be Was / Were + Predicate
Keterangan waktu yang mengikuti kalimat ini adalah :Yesterday, yesterday morning, last night, last week, last month,Last year, the day before yesterday, ago, three days a go, a week a go,  a month a go, long long a go.

2. Past Continuous Tense

Merupakan bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang dimulai dan berlangsung pada masa lampau. Contoh She was at school now.

3.  Past Perfect tense

Merupakan bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang sudah sempurna selesai sebelum kejadian lain di masa lampau, Contoh : She had been at school, Dani and gery had been in madiun, Melati had been in the room.

4. Past Perfect Tense

Merupakan bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan lamanya suatu perbuatan yang sedang berlangsung sebelum kejadian lain di masa lampau. contoh : She had been at school now, Rafi and Dani had been in madiun, Melati had been in the room. 

1. Past Tense Of Regular Verb (Waktu Lampau dari kata kerja teratur)

1. Membentuk waktu lampau dari kata kerja teratur dalam bahasa inggris dengan menambahkan ed pada bentuk asal (biasa) dan waktu berlaku untuk semua orang. jamak, tunggal, dan lain-lain.
Rumus : Subject + Predicate / kata kerja II + Object. Contoh : I worked hard the day before yesterday morning.
2. Membentuk kalimat menyangkal (negative) dari waktu lampau kata kerja teratur, dengan kata kerja did yang asalnya dari do dan does, kemudian not diletakkan setelah did, dan kata kerjanya kembali membentuk asalnya. Contoh : i did not work hard yesterday morning.
3. Membentuk kalimat menanya (interrogative) dari waktu lampau kata kerja teratur, yang diperoleh juga dengan pemakaian kata kerja bantu did yang diletakkan di depan pokok kalimatnya, dan kata kerja bentuk lampau kembali ke asal. Contoh : Did you work hard yesterday morning ?
4. Membentuk kalimat bertanya menyanggah / menyangkal (negative interrogative) yang diperoleh juga dengan dua cara dalam bentuk singkat dan tidak singkat.  Contoh : Didn't you work hard yesterday morning ?

II. Past Tense Irregular verb (Waktu Lampau dari kata kerja tidak teratur)

1. Pada umumnya kata kerja dalam bahasa inggris membentuk waktu lampau dengan menambahkan ed pada bentuk biasa dari asal, namun sebagian besar terdiri dari kata kerja biasa yang membentuk waktu lampaunya dengan cara - cara khusus dan teratur. Kata kerja yang demikian terkenal dengan kata kerja tak teratur. Bentuk lampau dari kata kerja ini harus dihapalkan. Waktu lampau dari kata kerja teratur dan tidak teratur ini memiliki nama khususnya yaitu verbal.
Rumus : Subject + Predicate / kk.II + Object
Contoh : I went to surabaya last week
2. Pada bentuk menyangkal (negative) dari waktu lampau kata kerja tak teratur juga diperoleh dari pemakaian kata kerja bantu did, lalu not di letakkan di belakang kata kerja bantu. Contoh : He did not go to surabaya last night.
3. Pada bentuk menanya (interrogative) dari waktu lampau kata kerja tak teratur yang juga diperoleh dengan pemakaian kata kerja bantu did, yang diletakkan di depan pokok kalimat. Contoh : did he go to surabaya last night ?
4. Pada bentuk bertanya menyangkal / menyanggah (negative interrogative) dari waktu lampau kata kerja tak teratur juga diperoleh dengan dua cara. Contoh : Did he not go to surabaya last night ?

Future Tense (Waktu akan datang)

1. Future tense of to be (waktu akan datang kata kerja to be)
2. Future Tense Of verb (waktu akan datang dari kata kerja)

1. Future Tense of to be 

1. Waktu yang akan datang dari kata kerja to be yang dibentuk dari / oleh kalimat present tense of to be (nominal), dimana kita harus memakai kata kerja bantu shall atau will. Maka to be, am,is,are yang biasanya dipakai dalam kalimat nominal, harus kembali pada asal (to be).
Rumus : Subject + Shall/will + Be/kk.I + Object
Contoh : Samsul will be at the zoo next month
2. Bentuk keterangan waktu yang mengikuti kalimat akan datang , seperti sebagai berikut : tomorrow,tomorrow night,tomorrow morning, next week, next month,next year,next monday.
3. Pada bentuk menyanggah /menyangkal (negative) dari waktu akan datang diperoleh teratur, dengan meletakkan perkataan not di belakang kata kerja bantu shall atau will. Contoh : Agus will not be at the zoo next month.
4. Pada bentuk bertanya atau menanya (interrogative) dari waktu yang akan datang diperoleh teratur, dengan meletakkan kata kerja shall atau will di depan pokok kalimat. Contoh : Will Andi be at zoo next month ?
5. Menurut aturan lama shall dipakai pada subject : i dan we. tetapi bahasa inggris-amerika modern menganjurkan shall tidak dipakai dan digantikan will.

1. Future tense of verb

1. Bentuk waktu akan datang dalam bahasa inggris yang dibentuk dengan pemakaian kata - kata kerja bantu shall dan will yang memiliki arti sama yaitu akan. Pada kata kerja - kata kerja bantu, infinitif dari kata kerja utama (tanpa to) ditambahkan.
Rumus : Subject + Shall/will + Predicate / KK.I + Object
Contoh : Samsuri will go there at night
2. Bentuk singkat pada shall dan will adalah 'll. Jadi terdapat singkatan - singkatan yang di dalamnya merupakan sambungan pokok kalimat dengan kata kerja bantunya. Contoh : i'll, you'll,he'll,she'll dan lain - lain. Bentuk - bentuk singkatan lazim didengar pada bahasa inggris saat ini, justru bentuk lengkap jarang terdengar dalam percakapan umum. Contoh : i'll be there next year.
3. Shall dan will merupakan kata kerja bantu yang teratur dan mempunyai kedudukan yang sama dengan can,may,must, dan lain - lain. Pada bentuk menyangkal / menyanggah dan menanya / bertanya dari waktu yang akan datang diperoleh secara teratur dengan meletakkan not di belakang kata kerja bantu di dalam kalimat menyangkal (negative) serta meletakkan kata kerja bantu di depan pokok kalimat dalam kalimat menanya (interrogative).
Contoh :
Bentuk menyangkal (negative), contoh : they will not go to the market next monday
Bentuk bertanya (interrogative), contoh : Will they go to the market next monday ?

2. Future Continuous Tense

Bentuk waktu yang digunakan untuk menyelamatkan suatu perbuatan akan sedang terjadi sebelum kejadian lain terjadi di masa akan datang. Contoh : She will be at school tomorrow.

3. Future Perfect Tense

Bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang kan sempurna selesai sebelum waktu yang lain di masa yang akan datang. Contoh : she will have been at school tomorrow.

4. Future Perfect Continuous Tense

Merupakan bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan lamanya suatu perbuatan yang akan berlangsung sebelum waktu yang lain terjadi di masa yang akan datang. Contoh : She will have been at school.

1. Past Future Tense

Past future tense dipergunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau kejadian yang akan terjadi pada waktu lampau.
Pattern A
I, WE, you, they + Should + be...
He,she. it + would + be...

Pattern B
I, we, you, they + should + be..(go,come,buy etc.)
He, She, it + would + be..(go,buy,come etc.)
Contoh :
(+) He would be there the day before
(-) He would not be there the day before
(?) Would he be there the day before ?
(-?) Wouldn't he be there the day before ?

Pada umumnya past future tense dipergunakan :
Untuk menyatakan suatu perbuatan yang akan diletakkan pada masa lampau. Contoh : I should go to surabaya next week.
Untuk menyatakan suatu perbuatan yang akan dilaksanakan apabila syaratnya terpenuhi pada waktu lampau. Contoh : I would give you something if you go.
Untuk menyatakan tawaran pertolongan kepada orang lain. Contoh : Would you like a cup of coffe?
Untuk menyatakan suatu keharusan yang dipaksa sebagai arti mesti atau semestinya. Contoh : I should know this voice.

Catatan : Should atau would kita letakkan di muka subject apabila kita hendak membentuk kalimat tanya (interrogative), Contoh : Would you go to jakarta the next month.
Tambahkan not di belakang should dan would jika membentuk kalimat menyangkal / menyanggah (negative). Contoh : They wouldn't tell you about it last morning.
Tanda waktu yang biasa kita temukan dalam bentuk ini adalah the next day, the day before, the week before, the month before.

Terimakasih telah membaca artikel tentang Kumpulan Rumus Tenses Lengkap Beserta Contohnya dan jangan lupa berikan komentar anda serta kunjungi terus BLOG BELAJAR.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kumpulan Rumus Tenses Lengkap Beserta Contohnya
Ditulis oleh tutorial cara
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogbelajarilmu.blogspot.co.id/2017/02/kumpulan-rumus-tenses-lengkap-beserta-contohnya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright of BLOG BELAJAR.